Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MURID MENGENAL HURUF IJAIYAH DAN TANDA BACA PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI MURID KELAS 2 SEKOLAH DASAR NEGERI 30 KECAMATAN PINGGIR BENGKALIS

SURYANI (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MURID MENGENAL HURUF IJAIYAH DAN TANDA BACA PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI MURID KELAS 2 SEKOLAH DASAR NEGERI 30 KECAMATAN PINGGIR BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013554PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah pendidikan dengan melalui ajaran-ajaran agama islam, yaitu berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar nantinya setelah selesai dari pendidikan ia dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran-ajaran agama islam yang telah diyakininya secara menyeluruh, serta menjadikan ajaran agama islam itu sebagai suatu pandangan hidupnya demi keselamatan dan kesejahteraan hidup didunia maupun diakhirat kelak. Permasalahan yaitu 1) Bagaimana penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan tanda baca siswa kelas II SD Negeri 30 Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis?. 2) Apakah murid mampu meningkatkan pengenalan huruf hijaiyah dan tanda baca siswa kelas II SD Negeri 30 Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilaksanakan di SD Negeri 30 Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis. Objek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 30 Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis kelas 2 dengan jumlah 21 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Data yang diperoleh dari hasil observasi/ pengamatan kegiatan siswa selama melakukan kegiatan yang dianalisis dengan teknik persentase. Rancangan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil rata-rata persentase meningkatkan kemampuan siswa mengenal huruf hijaiyah dapat dilihat sebelum tindakan: rendah, Siklus I cukup dan tinggi setelah siklus II. Hasil belajar siswa melalui ulangan harian mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 47,39 % dan pada siklus II dengan rata-rata 72,82 %. Kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan tanda baca siswa kelas 2 melalui penggunaan media gambar seri mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan tanda baca siswa kelas 2 SD Negeri 30 Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:48
Last Modified: 07 Sep 2016 09:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5574

Actions (login required)

View Item View Item