Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Self Confidence Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDIT Al-Izhar School Pekanbaru

Tania Octaviana, - (2021) Penerapan Strategi Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Self Confidence Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDIT Al-Izhar School Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tania Octaviana, (2021): Penerapan Strategi Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Self Confidence Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDIT Al-Izhar School Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan self confidence peserta didik pada pembelajaran matematika melalui penerapan strategi inkuiri terbimbing kelas V SDIT Al-Izhar School Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kepercayaan diri peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi inkuiri terbimbing dan self confidence peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada sebelum tindakan 8 dari 13 atau 61,5% peserta didik sering merasa malu untuk mengangkat tangan ketika diminta menjawab pertanyaan dari guru, 5 dari 13 atau 38,46% peserta didik sering merasa tidak yakin bahwa jawabannya benar pada saat mengerjakan soal, selain itu 7 dari 13 atau 53,8% peserta didik mengaku sering merasa takut untuk mengangkat tangan saat diminta menjawab pertanyaan dari guru. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan strategi inkuiri terbimbing dan mengalami peningkatan, pada pra tindakan self confidence peserta didik yaitu 51,20%, Pada siklus I kemampuan self confidence peserta didik 61,53% dan siklus II yaitu 78,6%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa strategi inkuiri terbimbing dapat meningkatkan self confidence peserta didik pada pembelajaran matematika kelas V SDIT Al- Izhar School Pekanbaru. Kata Kunci : Model Pembeajaran Inkuiri Terbimbing, Self Confidence

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Nov 2021 01:03
Last Modified: 02 Nov 2021 01:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55736

Actions (login required)

View Item View Item