MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL BACAAN SHALAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 17 PEMATANG PUDU KABUPATEN BENGKALIS

NEDRA, (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL BACAAN SHALAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 17 PEMATANG PUDU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013551PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Shalat merupakan rangkaian ibadah wajib yang harus dilakukan bagi umat Islam. Mengingat begitu pentingnya ibadah shalat bagi umat beragama Islam, maka sekolah berkewajiban untuk mengajarkan bacaan-bacaan shalat kepada siswa – siswanya dengan benar. Permasalahan hafalan bacaan shalat muncul pada siswa kelas III SDN 17 Pematang pudu disebab karena kemampuan dasar yang dimiliki setiap anak ketika memasuki jenjang pendidikan Sekolah Dasar beragama, ada siswa yang sudah hafal bacaan shalat, karena berasal dari keluarga yang tekun beribadah, tetapi sebaliknya ada siswa yang same sekali belum mengetahui bacaan shalat. Dengan demikian dibutuhkan model pembelajaran yang tepat guna mendapatkan hasil yang mernuaskan khususnya dalam materi hafalan bacaan shalat. Untuk mengatasi masalah ini, penulis melakukan penelitian yang berjudul "Upaya meningkatkan kemampuan menghafal bacaan shalat melalui penerapan model pembelajaran langsung siswa kelas III SDN 17 Pematang pudu Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan menghafal bacaan shalat siswa kelas III SDN 17 Pematang pudu. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi kelas III SDN 17 Pematang pudu berjumlah 26 orang dengan rincian 12 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Penelitian ini diseting dalam dua tahapan yaitu tahapan pra tindakan dan tahapan tindakan. Tahapan tindakan terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus 11. Berdasarkan hasil tes kemampuan siswa dalam menghafal bacaan shalat ditemukan bahwa pada proses pembelajaran pra tindakan dimana pada saat itu guru menggunakan metode ceramah hasil kemampuan siswa kelas III SDN 17 Pematang pudu dalam menghafal bacaan shalat sebesar 58,96 % dengan tingkat ketuntasan sebesar46,15 %. Setelah diadakan tindakan pada siklus I dimana pada proses belajar mengajar perbaikan guru menerapkan model pembelajaran langsung ditemukan kemampuan menghafal bacaan shalat siswa kelas III SDN 17 Pematang pudu meningkat sebesar79,72 % demikian juga tingkat ketuntasan siswa dalam menghafal bacaan shalat sebanyak 18 orang dari 26 siswa atau 69,23 %. Demikian juga pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menghafal bacaan shalat yaitu sebesar 91,61 % dan tingkat ketuntasan meningkat menjadi 100 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III SDN 17 Pematang Pudu Kabupaten Bengkalis terbukti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:48
Last Modified: 07 Sep 2016 09:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5570

Actions (login required)

View Item View Item