Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONFIGURASI PEMIKIRAN AL-QABISI TENTANG PROFESIONALISME GURU (TELAAH DALAM KITAB AL-RISALAH AL-MUFASHSHALAH LI AHWAL AL-MUTA’ALLIMIN WA Ahlam AL-MU’ALLIMIN WA AL-MUTA’ALLIMIN)

MUSLIM, - (2021) KONFIGURASI PEMIKIRAN AL-QABISI TENTANG PROFESIONALISME GURU (TELAAH DALAM KITAB AL-RISALAH AL-MUFASHSHALAH LI AHWAL AL-MUTA’ALLIMIN WA Ahlam AL-MU’ALLIMIN WA AL-MUTA’ALLIMIN). Disertasi thesis, UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Disertasi Ok.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Al-Qabisi sebagai seorang ahli fiqh, tidak terlepas dari mahzab Ahli Sunnah (yang senantiasa merujuk kepada al-Qur’an dan hadist), lazimnya para fuqaha senantiasa mengedepankan al-Sunnah terlebih dahulu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa konstruksi konsep pemikiran al-Qabisi terhadap Pendidikan senantiasa beroreintasikan kepada al-Quran dan hadist atau cenderung bersifat normatif. pemikiran al-Qabisi tentang profesionalisme guru dalam kitab Al-Risalah Al-Mufashshalah li Ahwal Al-Muta’allimin wa Ahkam Al-Muta’allimin wa Al-Muta’allimin bahwa perbedaan pemikiran al-Qabisi professional dengan akhlak yang mulia serta ketakwaan dan juga suri tauladan, anak-anak didik mendapati perilaku yang tidak terpuji dari seorang guru, tidak mencerminkan seorang yang professional. Al-qabisi menyampaikan seorang guru mesti memiliki akhlak yang mulia, bertaqwa, serta lemah lembut dan menjadi contoh bagi anak didik, menunjukkan seorang guru yang memiliki professional yang bisa menjadi guru teladan bagi anak didiknya. Disamping menyampaikan ilmunya dia juga menjadi contoh yang baik bagi anak-anak dalam hal ibadah. Relevansi pemikiran al-Qabisi tentang profesionalisme guru terhadap pemikiran Pendidikan masa kini, seorang guru yang dimaksud oleh al-Qabisi seorang ulama yang memiliki ilmu agama, serta ilmu lainnya, serta memiliki ketaatan kepada Allah SWT. Professional yang hari ini disampaikan oleh para ahli Pendidikan barat, professional hanya dalam ilmu atau keahlian saja tapi tidak diikuti dengan akhlak yang mulia dan teladan atau contoh yang baik. Pendapat al-Qabisi dan pendapat-pendapat dari kalangan ahli Pendidikan barat maka seorang guru yang professional merupakan seorang yang memiliki akhlak yang mulia, memiliki ketaatan kepada Allah SWT, serta menjadi contoh bagi anak didiknya dalam kehidupan sehari-hari dengan kemuliaan akhlaknya serta ketaatannya kepada Allah. Dunia Pendidikan kita dan institusi Pendidikan, dan pendidik atau guru mesti dibenahi, walaupun tidak seperti yang disampaikan oleh oleh al-Qabisi setidaknya dunia Pendidikan kita dan para pendidik menjadi contoh yang baik dan menjadi panutan bagi peserta didik. Guru dituntut untuk professional tidak saja dalam bidang keahliannya namun juga harus menguasai al-Qur’an dan sunnah rasul serta ilmu-ilmu lainnya. Al-Qabisi menyampaikan seorang guru mesti memiliki akhlak yang mulia, bertaqwa, serta lemah lembut dan menjadi contoh bagi anak didik, menunjukkan seorang guru yang memiliki professional yang bisa menjadi guru teladan bagi anak didiknya.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Eko Syahputra
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:56
Last Modified: 29 Oct 2021 06:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55697

Actions (login required)

View Item View Item