Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENDETEKSIAN KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN BENEISH M-SCORE MODEL PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI 2017-2020

LILIYA ZAHRA ASSYIFA, - (2021) ANALISIS PENDETEKSIAN KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN BENEISH M-SCORE MODEL PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI 2017-2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perusahaan yang tergolong sebagai manipulators, non-manipulators dan grey company pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI; 2) Tingkat kesehatan perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 38 sampel dengan periode penelitian 2017-2020. Jenis data menggunakan data sekunder. Metode analisis data dengan deskriptif kuantitatif menggunakan rasio yang dikemukakan oleh Messod D Beneish. Terdapat 5 variabel pengukuran, yaitu Days‟ Sales In Receivables Index (DSRI), Gross Margin Index (GMI), Asset Quality Index (AQI), Sales Growth Index (SGI), dan Total Accrual To Total Assets Index (TATA). Dan kinerja yang dilihat dari tingkat Kesehatan di tinjau dengan Risk Profile menggunakan 2 rasio, yaitu Non Performing Loan (NPL) dan Loan to Deposito Ratio (LDR). Hasil dari penelitian ini adalah dari 38 perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2017-2020 menyatakan bahwa 26 perusahaan tergolong non-manipulator, 1 perusahaan tergolong manipulator dan 11 perusahaan tergolong grey company. Sedangkan tingkat Kesehatan yang ditinjau dari risk profile dimana Non Performing Loan (NPL) dari 38 perusahaan, 18 perusahaan tergolong sangat sehat, 18 perusahaan tergolong sehat dan 2 perusahaan tergolong cukup sehat. Sementara Loan to Deposito Ratio (LDR) menyatakan 6 perusahaan tergolong sehat, 8 perusahaan tergolong sehat, 18 perusahaan tergolong cukup sehat, 4 perusahaan tergolong kurang sehat dan 2 perusahaan tergolong dalam kategori tidak sehat. Tingkat kesehatan tidak memiliki kaitan dengan curang atau tidaknya suatu perusahaan. Kata Kunci: Beneish M-Score Model, Pendeteksian Kecurangan, Manipulator, Non- Manipulator, Grey Company,Tingkat Kesehatan Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 29 Oct 2021 01:03
Last Modified: 29 Oct 2021 01:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55690

Actions (login required)

View Item View Item