MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA DALAM MENGHAFAL ASMAUL HUSNA MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 013 TELUK AIR KARIMUN

ROSNIAH, (2013) MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA DALAM MENGHAFAL ASMAUL HUSNA MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 013 TELUK AIR KARIMUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013542PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Prinsip-prinsip dasar dalam proses belajar dan memori, meliputi: kebermaknaan, organisasi, asosiasi, visualisasi, perhatian, minat dan umpan balik. Salah satu hal yang menentukan sulit tidaknya suatu materi dipelajari, adalah besarnya makna materi tersebut bagi orang yang mempelajarinya. Jika materi itu tidak masuk di akal, ia sulit untuk mempelajari. Semakin besar makna/arti materi itu bagi seseorang semakin mudah orang itu mempelajarinya.Oleh karena itu sudah banyak yang menyadari bahwa untuk mengingat, orang harus berusaha membuat materi tersebut bermakna, demikian halnya pada materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan daya ingat, guru harus membuat materi tersebut lebih bermakna. Karena apabila dengan mengetahui maknanya dan mengetahui materi itu, maka semakin mudah siswa mempelajari materi baru tersebut. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan strategi Index Card Match dalam meningkatkan daya ingat siswa dalam menghafal materi pelajaran Pendidikan Agama Islam tentang Asmaul Husna pada siswa kelas II SDN 013 Teluk Air Karimun. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam perjalanan pengumpulan data, yang digunakan pada penelitian ini adalah hasil tes, dan observasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis penggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang penulis peroleh selama melakukan pengamatan langsung di lapangan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Index Card Match dapat meningkatkan daya ingat siswa khususnya pada mata materi Asmaul Husna. Ini terbukti bahwa daya ingat siswa dalam menghafal materi pelajaran Pendidikan Agama Islam mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 61,76% meningkat menjadi 88,91 % pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:48
Last Modified: 07 Sep 2016 09:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5565

Actions (login required)

View Item View Item