Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“ANALISIS PENGELOLAAN DANA DESA (DD) UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA MULYA SUBUR KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN”

YUNITA DEWI RAHMAWATI, - (2021) “ANALISIS PENGELOLAAN DANA DESA (DD) UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA MULYA SUBUR KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Mulya Subur Kecamatan Pangkalan Lesung Dana Desa untuk pemberdayaan masyarakat di Desa Mulya Subur dengan penerapan asas pengelolaan keuangan Desa. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana pengelolaan Dana Desa untuk pemberdayaan masyarakat dan factor penghambat dalam pengelolaan Dana Desa untuk pemberdayaan masyarakat di Desa Mulya Subur. Dalam penelitian ini indicator yang digunakan yakni asas pengelolaan keuangan Desa dalam Permendagri No. 113 tahun 2015 tentang Pengelolaan Keuangan Desa berupa transparan, akuntabel, partisipatif, serta tertib dan disiplin anggaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dalam mendapatkan informasi peneliti memanfaatkan dari beberapa informan yakni Kepala Desa, Kasi Pelayanan, Kaur Keuangan, Ketua BPD, 1 orang Ketua RT, serta 6 masyarakat Desa Mulya Subur. Hasil dari peneltian ini menunjukkan bahwa pengelolaan Dana Desa di Desa Mulya Subur belum menerapkan asas pengelolaan Dana Desa secara maksimal. Hal ini dikarenakan pada penerapan asas partisipatif masih terkendala dengan kurangnya dalam membuka ruang bagi peran serta masyarakat. Selain itu, partisipasi dari masyarakat masih bersifat pasif. Dalam pengelolaan Dana Desa di Desa Mulya Subur juga masih memfokuskan pada kegiatan pembangunan fisik. Kata kunci: Asas, Pengelolaan, Dana Desa, Pemberdayaan masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:17
Last Modified: 27 Oct 2021 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55644

Actions (login required)

View Item View Item