PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI MENCERITAKAN KISAH SAHABAT NABI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 014 KAMPUNG BARU KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN

HERMAN, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI MENCERITAKAN KISAH SAHABAT NABI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 014 KAMPUNG BARU KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013538PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Kampung Baru Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Kampung Baru Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Kampung Baru Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2011- 2012 dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada sebelum tindakan siswa yang tuntas hanya 8 orang atau dengan persentase 47,06%, siklus pertama siswa yang tuntas adalah 11 orang siswa atau ketuntasan masih mencapai 64,71%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 15 orang siswa atau dengan persentase 88,24%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi menceritakan kisah sahabat Nabi siswa kelas V SDN 014 Kampung Baru Kecamatan Pangkalan Lesung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:48
Last Modified: 07 Sep 2016 09:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5564

Actions (login required)

View Item View Item