PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 MULYA SUBUR KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN

KHALIS, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 MULYA SUBUR KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013537PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Mulya Subur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Gejala yang ditemui di lapangan adalah hanya 12 orang siswa (44,44%) dari 27 orang yang mampu mencapai nilai ketuntasan kriteria minimal yang ditetapkan, siswa tidak mampu menyelesaikan soal ulangan yang diberikan guru dengan benar, dan hanya lebih kurang (50%) dari seluruh siswa yang mampu membaca dan mengartikan Q.S. Al-Ma’un dan Al-Fil dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada Materi Membaca Alqur’an siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Mulya Subur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan dengan penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada Materi Membaca Alqur’an siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Mulya Subur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Mulya Subur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan yang berjumlah 27 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi membaca Al- Qur’an. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 12 orang siswa atau ketuntasan siswa hanya mencapai 44,44%, sedangkan pada siklus pertama meningkat menjadi 19 orang siswa atau ketuntasan telah mencapai 70,37%. Walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I, namun secara klasikal hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 24 orang siswa atau ketuntasan siswa telah mencapai 88,88%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Mulya Subur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:48
Last Modified: 07 Sep 2016 09:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5563

Actions (login required)

View Item View Item