PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TEKNIK PLUS-MINUSINTERESTING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 007 PULAU GADANG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

ROSDA, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TEKNIK PLUS-MINUSINTERESTING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 007 PULAU GADANG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013535PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan Teknik Plus-Minus-Interesting dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar?. Sebagai subjek dalam penelitian in adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar yang berjumlah 12 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Plus-Minus-Interesting (P-M-I) untuk meningkatkan hasil siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan hingga siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 41,67% atau 5 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 7 orang atau ketuntasan hanya mencapai 58,33%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 20 orang siswa atau dengan persentase 100%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan Teknik Plus-Minus- Interesting (P-M-I), maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:47
Last Modified: 07 Sep 2016 09:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5561

Actions (login required)

View Item View Item