PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM GATEWAY PADA MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 002 TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR

APRIWARDI, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM GATEWAY PADA MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 002 TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013521PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Strategi Pembelajaran Team Gateway dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi iman kepada malaikat pada murid kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan Strategi Pembelajaran Team Gateway dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi iman kepada Malaikat pada murid kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar yang berjumlah 20 orang siswa, terdiri dari 10 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Pembelajaran Team Gateway untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan Strategi Pembelajaran Team Gateway pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan murid hanya mencapai 60,00% atau 12 orang siswa yang tuntas, pada siklus I murid yang tuntas meningkat menjadi 14 orang atau ketuntasan hanya mencapai 70,00%. Pada siklus II ternyata ketuntasan murid mencapai 19 orang murid atau dengan persentase 95,00%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada murid kelas IV SDN 002 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan dengan penerapan Strategi Pembelajaran Team Gateway.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:47
Last Modified: 07 Sep 2016 09:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5559

Actions (login required)

View Item View Item