PENERAPAN TEKNIK DELPHI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 020 KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR

PUJIATI, (2013) PENERAPAN TEKNIK DELPHI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 020 KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013517PAI.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Rendahnya keaktifan belajar siswa kelas V pada pelajaran Pendidikan Agama Islam terlihat dari gejala yang ditemukan dilapangan, yaitu jika guru memberikan pertanyaan, sebagian siswa tidak dapat menjawabnya, siswa kurang berani bertanya mengungkapkan kesulitan dalam belajar, siswa dalam pembelajaran hanya menunggu intruksi dari guru, dan jika diminta mengerjakan latihan di papan tulis, sebagian siswa tidak mau. Dari permasalahan tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian yaitu apakah penerapan Teknik Delphi dapat meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 020 Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Delphi untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Pada sebelum tindakan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hanya mencapai rata-rata persentase 45,3%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata keaktifan belajar siswa meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 64,9% atau keaktifan belajar siswa tergolong “Cukup Tinggi” karena 64,9% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat dari 64,9% menjadi 82,4% atau keaktifan belajar siswa telah tergolong “Tinggi” karena 82,4% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 80%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan Teknik Delphi dapat meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 020 Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:47
Last Modified: 07 Sep 2016 09:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5557

Actions (login required)

View Item View Item