Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KEPENGULUAN TANJUNG MEDAN DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANAU NAPANGGA DI KABUPATEN ROKAN HILIR

Beni Muliadi, Beni (2021) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KEPENGULUAN TANJUNG MEDAN DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANAU NAPANGGA DI KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Desa Kepenguluan Tanjung MedanKabupeten Rokan Hilir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pemberdayaan masyarakat Desa Kepenguluan Tanjung Medan dalam pengembangan objek wisata Danau Napangga di Kabupaten Rokan Hilir.Penulis melakukan penelitian dengan menggunaka nmetode kualitatif.Sumber data yang diperolehdalambentuk data primer dan data sekunder. Adapun informan dalam penelitian ini sebanyak 11 orang. Teknikanalisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode yang bersifat deskripti fkualitatif. Instrumen dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi guna mendapatkan data berupahasil upayapemberdayaan masyarakat Desa Kepenguluan Tanjung Medan dalam pengembangan objek wisata Danau Napangga di Kabupaten Rokan Hilir.Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat Desa Kepenguluan Tanjung Medan dalam pengembangan objekwisata Danau Napangga di Kabupaten Rokan Hilir masih kurang optimal. Karena masih banyak yang harus diperbaiki agar dapat menarik minat para wisatawan dalam mengunjungi objekwisata DanauNapangga ini. Padahal objek wisata Danau Napangga ini merupakan suatu potensi yang cukup besar bagi masyarakat Desa Kepenguluan Tanjung Medan dalam meningkatkan taraf hidup perekonomian. Akan tetapi masih terdapat kekurangan maupun ketidak sempurnaan yaitu seperti masih kurangnya dana dalam melakukan pengembangan objek wisata Danau Napangga, kurangnya sarana dan prasarana yang ada pada objek wisata Danau Napangga dan beberapa fasilitas yang sudah rusak sejak 2018, sehingga membuat para pengunjung kurang nyaman dan kurang menikmati keindahan objek wisata Danau Napangga, serta kurang aktifnya organisasi kelompok sadar wisata (pokdarwis) dalam melakukan pengembangan objek wisata Danau Napangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Masyarakat Desa, Objek Wisata
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:10
Last Modified: 11 Oct 2021 04:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55560

Actions (login required)

View Item View Item