Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN KARTU PANGGILAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 004 RANAH SUNGKAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

SALATUS JAMAL (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN KARTU PANGGILAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 004 RANAH SUNGKAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013514PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa kelas V pada pelajaran Pendidikan Agama Islam terlihat dari gejala yang ditemukan dilapangan, yaitu siswa jarang bertanya mengungkapkan kesulitan dalam belajar, siswa tidak membuat catatan atau rangkuman setelah proses pembelajaran selesai, dan siswa tidak menanggapi ketika ada siswa yang memberikan contoh di depan kelas. Dari permasalahan tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian yaitu apakah melalui teknik Pembelajaran Kartu Panggilan dapat meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 004 Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2010- 2011 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan penerapan teknik pembelajaran Kartu Panggilan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aktivitas siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan penerapan teknik pembelajaran Kartu Panggilan mengalami peningkatan dari sebelum tindakan hingga siklus III. Pada sebelum tindakan hanya dengan persentase 48,6%, meningkat pada siklus I menjadi 62,3%, meningkat pada siklus II menjadi 68%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 81,1%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan Teknik Pembelajaran Kartu Panggilan, maka aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V SDN 004 Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:46
Last Modified: 07 Sep 2016 09:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5556

Actions (login required)

View Item View Item