Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HASAN LANGGULUNG

DARWIS, - (2021) EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HASAN LANGGULUNG. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img]
Preview
Text
TESIS DARWIS.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Darwis(2021) : Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Islam Menurut Hasan Langgulung Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Evaluasi Pembelajaran dalam pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan( library research) dengan cara mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahannya yang diambil dari sumer-sumber kepustakaan kemudian di anlisis dengan metode content analysis, analisis ini mengupas Evaluasi Pembelajaran dalam pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung. Untuk mendukung penelitian ini penulis menggunakan sumber utama data utama yaitu buku-buku karya Hasan Langgulung dan sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis memperoleh bahwa Evaluasi Pembelajaran adalah suatu proses dan tindakan yang terencana untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan, pertumbuhan dan perkembangan peserta didik terhadap tujuan pendidikan, Evaluasi bertujuan untuk mengetahui kadar pemahaman peserta didik, mengetahui siapa diantara peserta didik yang cerdas dan yang lemah, mengumpulkan informasi,mengetahui penguasaan peserta didik dalam kompetensi/subkompetensi tertentu, mengetahui kesulitan belajar peserta didik (diagnostic test) dan untuk memberikan arah dan lingkup pengembangan evaluasi selanjutnya. dan yang terpenting adalah mengetahui tingkat pengabdian pendidik kepada Sang Pencipta. Evaluasi pembelajaran berfungsi sebagai selection atau memilih berdasarkan kesanggupan yang dimiliki peserta didik dan sebagai peneguh ataupun ganjaran baginya. Adapun desain evaluasi pembelajaran memiliki tiga tahap yakni persiapan, pelaksanaan dan pemeriksaan. Desain ini dapat diimplementasikan di lembaga pendidikan dengan mengutamakan keriteria penilaian dalam aspek pengetahuan dan karakter yang meliputi kebijaksanaan dan budi mulia. Kata Kunci : Evaluasi Pembelajaran, Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 05 Oct 2021 02:25
Last Modified: 05 Oct 2021 02:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55532

Actions (login required)

View Item View Item