Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SURAT-SURAT PENDEK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLETTE SENTENCES PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH YIRA KECAMATAN BUKIT RAYA PEKANBARU

DERMINA HARAHAP (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SURAT-SURAT PENDEK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLETTE SENTENCES PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH YIRA KECAMATAN BUKIT RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013504PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Surat Pendek di III Madrasah Ibtidaiyah YIRA Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada materi Surat-Surat Pendek Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Complette Sentences Pada Pelajaran Al- Qur’an Hadits siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah YIRA Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru? Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah YIRA Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Complette Sentences untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi surat-surat pendek pada pelajaran Al-Qur’an Hadi. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Complette Sentences pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa materi surat-surat pendek dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Hal ini terlihat bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat dari 53,33% atau mencapai 8 orang siswa yang tuntas pada sebelum tindakan, sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 93,33% atau sekitar 14 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:46
Last Modified: 08 Sep 2016 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5552

Actions (login required)

View Item View Item