Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

METODE PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT ABDURRAHMAN AN-NAHLAWI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA KONTEMPORER

Auzar, - (2021) METODE PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT ABDURRAHMAN AN-NAHLAWI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA KONTEMPORER. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS AUZAR.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Auzar, (2021) : Metode Pendidikan Akhlak Menurut Abdurrahman An Nahlawi dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Era Kontemporer Tujuan dari penelitian ini adalah Mengungkap metode pendidikan akhlak menurut Abdurrahman al-Nahlawi dan relevansinya dengan pendidikan karakter di era kontemporer. Penelitian ini adalah library research (penelitin pustaka) Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis wacana dan menganalisis data dengan langkah-langkah: pertama menentukan tema, kedua menetapkan masalah ketiga merumuskan masalah sesuai tema, keempat mengumpulkan data dan yang kelima menyimpulkan. Sumber data primer dari penelitian ini adalah buku karya Abdurrahman An-Nahlawi. Sedangkan sumber sekundernya adalah, jurnal, buku, artikel dan semua yang relevan dengan penelitian ini.Abdurrahman an-nahlawi memberikan beberapa metode sebagai rujukan bagi pembaca seperti: Metode akhlak yang digunakan oleh Abdurrahman An-Nahlawi dalam bukunya yang berjudul Ushulut Tarbiyah Islamiyah Wa Asalibiha Fil Baitiwal Madrasati Wal Mujtama yaitu Pertama. Metode dialog Qur`ani dan Nabawi Kedua. Metode kisah –kisah Qur`ani dan Nabawi Ketiga. Metode perumpamaan Qur`ani dan Nabawi Keempat. Metode keteladanan Kelima. Metode aplikasi dan pengamalan Keenam. Metode ibrah dan nasihat Ketujuh. Metode Targhib dan tarhibMetode pendidikan akhlak menurut Abdurrahman An-Nahlawi dalam bukunya Ushulut Tarbiyah Islamiyah Wa Asalibiha Fil Baitiwal Madrasati Wal Mujtama di pandang masih relevan dengan metode pendidikan karakter sekarang yang dapat dipergunakan pendidik saat ini, hal ini dapat dilihat dari mamfaat metode pembelajaran karakter serta masih seringnya metode tersebut digunakan dalam pengajaran dan pendidikan akhlak, namun metode tersebut lebih efektif jika dipadu dengan metode yang lain, seperti metode dialoq dengan demonstrasi dan lain-lain. Kata Kunci: Metode Pendidikan akhlak Abdurrahman An-Nahlawi dan pendidikan karakter di era kontemporer

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:53
Last Modified: 27 Sep 2021 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55516

Actions (login required)

View Item View Item