Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PERTANYAAN YANG DITEMPELKAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 012 KABUN KECAMATAN KABUN KABUPATEN ROKAN HULU

NURBASRI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PERTANYAAN YANG DITEMPELKAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 012 KABUN KECAMATAN KABUN KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013488PAI.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu. Gejala-gejala atau fenomena yang ditemui adalah sebagai berikut: 1) nilai raport khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, sebagian siswa belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 6,5 yang ditetapkan, 2) ketika dilakukan ulangan hanya sebagian siswa yang dapat menjawab soal dengan benar, dan 3) setiap kali diberi tugas rumah, rata-rata nilai siswa masih memperoleh nilai rendah. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru adalah dengan penerapan Strategi Pertanyaan yang Ditempelkan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan Strategi Pertanyaan yang Ditempelkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu. Sesuai dengan perumusan permasalahan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Strategi Pertanyaan yang Ditempelkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Pertanyaan Yang Ditempelkan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilalui beberapa tahap, yaitu: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Jenis data penelitian ini terdiri dari data kualitatif yang diperoleh melalui hasil pengamatan aktivitas guru dan hasil pengamatan aktivitas siswa, dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes hasil belajar siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Strategi Pertanyaan yang Ditempelkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu. Hasil belajar siswa jauh lebih meningkat dibandingkan pada sebelum tindakan. Sebagaimana diketahui ketuntasan belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 17 orang (80,95%) siswa yang tuntas. Dan hanya 4 orang siswa (9,05%) belum tuntas, artinya hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan sebesar 80%, adapun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan dalam penelitian ini adalah 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:46
Last Modified: 07 Sep 2016 09:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5551

Actions (login required)

View Item View Item