PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI PUASA RAMADHAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK TUMPUKAN KARTU PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 013 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

YULIDAR, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI PUASA RAMADHAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK TUMPUKAN KARTU PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 013 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013486PAI.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Gejala-gejala yang terlihat di lapangan adalah: 1) siswa terkesan sulit untuk menjawab soal yang diberikan, hal ini terlihat ketika dibrikan tes formatif hanya sebagian siswa yang dapat menjawab soal dengan benar, 2) sebagian siswa yang mendapat nilai dibawah standar sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 65, dan 3) kurangnya kemampuan siswa dalam pengerjakan soal latihan yang diberikan guru. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru adalah dengan penerapan Strategi pembelajaran kooperatif dengan teknik tumpukan kartu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam puasa ramadhan dengan penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Tumpukan Kartu pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi puasa ramadhan dengan penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Tumpukan Kartu pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan Teknik Tumpukan Kartu untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilalui beberapa tahap, yaitu: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Jenis data penelitian ini terdiri dari data kualitatif yang diperoleh melalui hasil pengamatan aktivitas guru dan hasil pengamatan aktivitas siswa, dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes hasil belajar siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Tumpukan Kartu dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Ketuntasan belajar siswa pada sebelum tindakan adalah 13 orang (52,00%), meningkat pada siklus I menjadi 18 orang (72,00%) meningkat lagi menjadi 21 (84,00%) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:46
Last Modified: 07 Sep 2016 09:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5549

Actions (login required)

View Item View Item