Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI AL-QUR’AN MENGGUNAKAN STRATEGI TUTOR SEBAYA PADA MURID KELAS IV SDN 001 BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

NURFADILAH (2012) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI AL-QUR’AN MENGGUNAKAN STRATEGI TUTOR SEBAYA PADA MURID KELAS IV SDN 001 BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013473PAI.pdf

Download (466kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan, penulis menemukan motivasi belajar Agama Islam siswa kelas IV SDN 001 Bangkinang Kabupaten Kampar masih rendah. Sebagian siswa di kelas kurang bersemangat ketika mengikuti mata pelajaran PAI, juga masih kurang terciptanya lingkungan belajar yang kooperatif. Rumusan masalah yang akan diteliti adalah: Apakah penerapan strategi tutor sebaya dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam materi al-Qur’an pada siswa kelas IV SDN 001 Bangkinang Kabupaten Kampar? Tujuan dalam penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi tutor sebaya dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam materi al-Qur’an kelas IV SDN 001 Bangkinang Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 001 Bangkinang Kabupaten Kampar sebanyak 23 orang. Sedangkan objek dalam penelitian adalah motivasi belajar Pendidikan Agama Islam materi Al-Qur’an. Metode pengumpulan data yang dipergunakan yaitu metode observasi. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan aktivitas siswa pada siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Adapun setiap siklus dilakukan dalam 1 kali pertemuan. Hal ini dimaksudkan agar siswa dan guru dapat beradaptasi dengan strategi pembelajaran yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa Strategi Tutor Sebaya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Al-Qur’an di Kelas IV SDN 001 Bangkinang Kabupaten Kampar. Motivasi belajar siswa setelah Menggunakan strategi Tutor sebaya pada pada siklus I sebesar 64%, pada siklus II sebesar 75% dan pada siklus III 88%. Aktivitas guru pada pada siklus I, II dan III sebesar 100% dengan kategori “Baik sekali” berdasarkan hasil tersebut terjadi peningkatan dari siklus I, II dan III. Aktivitas siswa siklus I sebesar 67% dengan kategori cukup, pada siklus II sebesar 75% dengan kategori “baik”, dan pada siklus III sebesar 87% dengan kategori “Baik Sekali”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:45
Last Modified: 07 Sep 2016 09:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5547

Actions (login required)

View Item View Item