Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Manajemen Sarana dan Prasaana Pendidikan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Huda Desa Sipungguk Kecamatan Salo

Damsir (2015) Implementasi Manajemen Sarana dan Prasaana Pendidikan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Huda Desa Sipungguk Kecamatan Salo. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
BAB IV_DAMSIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
FULL kecuali BAB IV_DAMSIR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sarana dan prasarana merupakan salah satu bagian dari manajemen yang ada di lembaga pendidikan, sarana dan prasarana mempunyai peran yang sangat penting dalam suatu organisasi, institusi ataupun lembaga pendidikan. Tanpa adanya sarana dan prasarana yang mendukung maka proses pendidikan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga perlu dilakukan pengelolaan yang benar yang meliputi kegiatan perencanaan, pengadaan, pengaturan, penggunaan, dan penyingkiran. Dari studi pendahuluan ditemukan bahwa 1) Kurangnya analisis terhadap sarana dan prasarana pendidikan, 2) Masih kurang lengkapnya peralatan sarana dan prasarana pendidikan, 3) Masih kurangnya penataan terhadap sarana dan prasarana pendidikan, 4) Masih adanya sarana dan prasarana pendidikan yang tidak dimanfaatkan, dan 5) Masih adanya sarana dan prasarana rusak yang menumpuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan sarana dan prasarana pendidikan, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan, pengaturan sarana dan prasarana pendidikan, penggunaan sarana dan prasarana pendidikan, dan untuk mengetahui penghapusan sarana dan prasarana pendidikan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Huda Desa Sipungguk Kecamatan Salo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepada Madrasah, wakil kepala bidang sarana dan prasarana, kepala bidang tata usaha. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Data dikumpulkan dengan Teknik wawancara, observasi. Analisais data yang digunakan adalah dengan menggunakan model Miles dan Buberman yaitu reduksi data, model data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasilnya adalah implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Huda Desa Sipungguk Kecamatan Salo tergolong “BAIK. Adapun faktor penghambat adalah latar belakang pendidikan Kepala Madrasah lulusan S1 dengan masa kerja 12 Tahun dan waka sarana dan prasarana lulusan S1 dan masa kerjanya 2 Tahun. Sedangkan faktor pendukung adalah terjalinnya komunikasi yang baik dan kerjasama antara kepada Madrasah dengan seluruh masyarakat dan guru.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 14 Sep 2021 07:52
Last Modified: 14 Sep 2021 08:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55465

Actions (login required)

View Item View Item