Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INVESTIGASI TIM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 006 PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

ASKINA (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INVESTIGASI TIM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 006 PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013451PAI.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Gejala-gejalanya sebagai berikut : 1) dari 26 siswa hanya 11 orang (42,31%) siswa yang hasil belajarnya telah mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu 65, dan 2) dari 5 soal yang diberikan, hanya 3 soal yang dapat dikerjakan siswa. Sedangkan yang lainnya tidak dapat dikerjakan siswa. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe investigasi tim. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif tipe investigasi tim untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe investigasi tim untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe investigasi tim untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilalui beberapa tahap, yaitu: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Jenis data penelitian ini terdiri dari data kualitatif yang diperoleh melalui hasil pengamatan aktivitas guru dan hasil pengamatan aktivitas siswa, dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes hasil belajar siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe investigasi tim dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Ketuntasan siswa pada sebelum tindakan hanya mencapai 42,31% atau 11 siswa yang tuntas, sedangkan 15 orang siswa (57,69%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 19 orang (73,08%) siswa yang tuntas, sedangkan 7 orang siswa (26,92%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 92,31% atau sekitar 24 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:45
Last Modified: 08 Sep 2016 04:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5544

Actions (login required)

View Item View Item