Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK MELALUI STRATEGI CARD SORT PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 125 PEKANBARU

NURPADILLAH (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK MELALUI STRATEGI CARD SORT PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 125 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013448PAI.pdf

Download (604kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menghafal surat-surat pendek pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah kemampuan siswa dalam menghafal surat-surat pendek dapat meningkat dengan menggunakan strategi card sort pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 125 Pekanbaru. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIB tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini beserta artinya dengan strategi card sort. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan teknik tes. Berhasilnya penerapan strategi card sort pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diketahui adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menghafal surat-surat pendek dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II dan siklus III. Pada sebelum tindakan kemampuan siswa dalam menghafal surat-surat pendek hanya mencapai rata-rata persentase 50,47%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata kemampuan siswa meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 60,95% atau kemampuan siswa kelas tergolong “ Cukup Baik” karena 60,95% berada pada rentang 56%-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 71,42% atau kemampuan siswa kelas tergolong “Cukup Baik” karena 71,42% berada 56%-75%. Sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 86,66% atau kemampuan siswa telah tergolong “Baik” karena 86,66% berada pada rentang 76%-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu di atas 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan strategi card sort dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal surat-surat pendek pada kelas VI B SD Negeri 125 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:45
Last Modified: 07 Sep 2016 09:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5543

Actions (login required)

View Item View Item