Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KETERAMPILAN MENDAYAGUNAKAN METODE PROYEK UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Dewi Oftaviani, - (2021) KETERAMPILAN MENDAYAGUNAKAN METODE PROYEK UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dewi Oftaviani, (2021): Keterampilan Mendayagunakan Metode Proyek Untuk Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Penelitian ini membahas tentang Keterampilan Mendayagunakan Metode Proyek Untuk Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Pembelajaran yang mendorong anak dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan kurang maksimal, penyampaian materi hanya sekilas saja sehingga anak kurang paham bagaimana cara peduli terhadap lingkungan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangan sikap peduli lingkungan melalui pembelajaran metode proyek pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pustaka atau Library Research. Data-data dikumpulkan dari berbagai referensi, baik primer, sekunder, maupun data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pustaka ini, menggunakan metode analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa metode proyek merupakan metode pemberian pengalaman pembelajaran secara langsung, yang mampu menanamkan pembiasaan karakter dan pribadi yang positif terhadap pengembangan sikap peduli lingkungan anak uisa 5-6 tahun. Menanamkan pembiasaan karakter dan pribadi positif yang berkualitas kepada anak, diperlukan pengaruh yang kuat dari keluarga, sekolah, dan mayarakat. Terutama pada pihak sekolah, yang dapat memasukkan konsep karakter seperti: menggunakan cara yang dapat membuat anak memiliki keinginan untuk berbuat baik (desiring the good), menambahkan nilai kebaikan kepada anak (knowing the good), dan mengembangkan sikap mencintai untuk berbuat baik (loving the good). Pendidikan karakter adalah sebuah proses berkelanjutan dan tidak pernah berakhir (never ending proces). Kata kunci : Metode Proyek, Sikap Peduli Lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:48
Last Modified: 09 Sep 2021 01:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55411

Actions (login required)

View Item View Item