Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENANGGULANGAN PELANGGARAN HAK CIPTA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA”.

WINDA HERMA YUNI, - (2021) “TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENANGGULANGAN PELANGGARAN HAK CIPTA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA”. Skripsi thesis, UNIVERSITA ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)

Abstract

ABSTRAK Judul penelitian ini adalah: “TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENANGGULANGAN PELANGGARAN HAK CIPTA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA”. Perlindungan terhadap hak cipta seharusnya memang perlu diperjelas, agar tidak terjadi pelanggaran terhadap hak cipta. Namun dalam kenyataannya di lapangan masih banyak pelanggaran terhadap hak cipta, yakni dengan cara membajak, memperbanyak, memalsukan dan sebagaimana, untuk kepentingan dan keuntungan diri sendiri, tanpa melihat hak yang ada pada pencipta. Berdasarkan hal di atas penulis merumuskan permasalahan yang diteliti, yakni bagaimana tinjauan yuridis terhadap penanggulangan pelanggaran hak cipta berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, dan apa akibat hukum terhadap pelanggaran hak cipta berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Jenis penelitian ini adalah tergolong kepada jenis penelitian hukum normatif, yaitu usaha untuk mengolah data yang berhubungan dengan tinjauan yuridis penanggulangan terhadap pelanggaran hak cipta berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, serta akibat hukum terhadap pelanggaran hak cipta berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014. Penelitian ini bersifat penelitian literatur (literary research), yaitu penelitian kepustakan, yang menggunakan bahan-bahan yang berhubungan dengan penanggulangan terhadap pelanggaran hak cipta berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014. Dari hasil penelitian dapat diketahui, bahwa tinjauan yuridis terhadap penanggulangan pelanggaran hak cipta berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, Antara lain adalah pembentukan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 yang mengatur tentang hak cipta, yang berupaya untuk menanggulangi pelanggaran terhadap hak cipta. Kemudian juga diatur mengenai pembentukan lembaga manajemen kolektif, yang bertujuan untuk melindungi hak cipta dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab terhadap pelanggaran hak cipta. Selanjutnya juga diatur mengenai proses gugatan dan saksi yang diatur dalam Pasal 100 sampai dengan Pasal 113 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014. Akibat hukum terhadap pelanggaran hak cipta berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, antara adalah bagi pihak yang melakukan pelanggaran terhadap hak cipta, maka terhadap yang bersangkutan dapat diajukan tuntutan ke pengadilan niaga oleh pemilik hak cipta tersebut dalam rangka untuk mendapatkan hak-haknya, baik hak ekonomis maupun hak moril yang melekat pada dirinya. Selanjutnya bagi pelanggar hak cipta harus membayar ganti rugi dan juga sanksi pidana terhadap pelanggaran hak cipta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:43
Last Modified: 21 Oct 2021 04:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55408

Actions (login required)

View Item View Item