PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SDN 029 SUMBER MAKMUR KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

UNTUNG LUBIS, (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SDN 029 SUMBER MAKMUR KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013440PAI.pdf

Download (506kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar PAI siswa kelas V SD Negeri 029 Sumber Makmur dikarenakan :1) Sebagian besar siswa belum dapat menangkap makna dari apa yang mereka peroleh dari pembelajaran untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari. 2) Kurang memperhatikan pada saat guru menerangkan pelajaran, terkadang murid dipaksa untuk mendengarkan penjelasan guru dan mencontoh apa yang dibuat guru dalam menyelesaikan soal-soal, sehingga murid tidak terbiasa mengemukakan ide dari pendapatnya sendiri. 3) Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 029 Sumber Makmur tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dengan satu kali ulangan akhir siklus dan siklus II juga dilakukan dua kali pertemuan dan satu kali ulangan akhir siklus. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes ulangan akhir siklus dan lembar observasi siswa, lembar observasi guru. Penelitian ini dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar. Dari hasi penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas V SD Negeri 029 Sumber Makmur. Aktivitas guru dalam proses pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 yaitu 66,67%. Kemudian meningkat sebesar 16,66% menjadi 83,33%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 meningkat sebesar 8,34% menjadi 91,67% dan akhirnya pada siklus II pertemuan 2 meningkat sebesar 4,16% menjadi 95,83%. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama rata-rata 62,50 kategori cukup, meningkat 8,33% dengan rata-rata 70,83 kategori baik. Selanjutnya pertemuan pertama siklus II didapati aktivitas siswa dengan rata-rata 87,50 kategori baik sekali meningkat 8,33% dengan rata-rata 95,83 dengan kategori baik sekali. prestasi belajar secara klasikal sebelum tindakan terjadi peningkatan hasil belajar siswa .Pada data awal diperoleh nilai 67,5 disiklus terjadi peningkatan sebesar 7,8% menjadi 75,3. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 7,9% menjadi 83,2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:45
Last Modified: 08 Sep 2016 04:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5540

Actions (login required)

View Item View Item