Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Manajemen Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis masjid (Studi Kasus Masjid Paripurna Kecamatan Di Kota Pekanbaru)

NUR TAUFIQ, - (2021) Manajemen Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis masjid (Studi Kasus Masjid Paripurna Kecamatan Di Kota Pekanbaru). Thesis thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (Kecuali Bab IV)
1 Kecuali BAB IV.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
2 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan latar belakang masjid adalah sebagai pusat kegiatan umat islam. Masjid juga memiliki fungsi sosial ekonomi masyarkat yang mana kesejahteraan masjid dan masyarakat bisa terwujud melalui masjid, untuk mencapat hal tersebut maka diperlukan pemberdayaan ekonomi melalui masjid. masalah umum pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis masjid hanya dilakukan secara pendekatan parsial-kontinu sedangkan pendekatan struktural hanya sebagian kecil masjid, salah satunya yang dilakukan oleh masjid paripurna Kecamatan Kota Pekanbaru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Manajemen Pemberdayaan Ekonomi Masyarkat Berbasis Masjid di Masjid Paripurna Kecamatan Kota Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik non-probability sampling yaitu sampling purposive (Pengambilan sampel berdasarkan seleksi khusus). Hasil penelitian manajemen pemberdayaan ekonomi masyarkat berbasis masjid di Masjid Paripurna Kecamatan Kota Pekabaru yaitu (a). Planning dilakukan dengan melihat peluang dan potensi yang dimiliki masjid (b). Organizing, untuk efektifitas maka pengurus masjid membuat struktur lain sebagai team pelaksana program pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis masjid, bagi masjid yang tidak memiliki SDM cukup maka mereka masih menggunakan bagian dari struktur organisasi pengurus masjid. (c). Actuating atau Pelaksanaan pemberdayaan ini dengan beberap aspek. (1). Sarana : Menggunakan gedung, aula, kios, area dan lahan. (2). Prasarana : memfungsikan program kajian dan pembelajaran. (3). SDM : Memanfaatkan SDM Pengurus dan Masyarakat Setempat (d) controlling, memantau setiap program baik secara harian, mingguan maupun bulanan dengan menggunakan fungsi sturktur masjid yang ada. Kata Kunci : Manajemen, Pemberdayaan Masyarakat, Masjid.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:13
Last Modified: 02 Nov 2021 02:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55397

Actions (login required)

View Item View Item