KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENGIDENTIFIKASI PERBEDAAN INDIVIDUAL SISWA DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH BERBASIS TEKNOLOGI DAN INFORMATIKA PEKANBARU

ADE CHANDRA, (2012) KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENGIDENTIFIKASI PERBEDAAN INDIVIDUAL SISWA DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH BERBASIS TEKNOLOGI DAN INFORMATIKA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013435PAI.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul kompetensi paedagogik guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam mengidentifikasi perbedaan individual siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah berbasis teknologi dan informatika Pekanbaru. Guru sebagai pengajar sekaligus sebagai pendidik, dituntut agar mampu melayani dan bertanggung jawab terhadap perihal yang berkaitan dengan siswanya. Untuk itu guru harus menyadari bahwa setiap siswanya memiliki perbedaan-perbadaan dalam beberapa hal, seperti bakat, minat, inteligensi, kesanggupan, usia, jenis kelamin, kesehatan, mental dan sebagainya yang perlu dimaklumi untuk dapat diarahkan dan dimanfaatkan guna melayani pendidikannya. Oleh karena itu guru harus peka melihat perbedaan sifat-sifat dari semua anak didik secara individual, sehingga dapat dimanfaatkan untuk keberhasilan kegiatan proses belajar mengajar di kelas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah kompetensi paedagogik guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam mengidentifikasi perbedaan individual siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah berbasis teknologi dan informatika Pekanbaru dan faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhinya. Setelah penulis memperoleh data dari lapangan dengan alat pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian penulis menganalisanya. Adapun teknis analisa data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan persentase. Rumusnya ialah : Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kompetensi paedagogik guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam mengidentifikasi perbedaan individual siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah berbasis teknologi dan informatika Pekanbaru tergolong “baik” karena secara kualitatif persentase diperoleh skor 68,67%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:45
Last Modified: 07 Sep 2016 09:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5537

Actions (login required)

View Item View Item