SUKARMINI (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI MEMBIASAKAN PERILAKU TERPUJI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 KECAMATAN SIAK KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013406PAI.pdf Download (373kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang baiknya motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), yang disebabkan oleh beberapa gejala, di antaranya kurang keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, kurang hasrat dan keinginan siswa untuk berhasil dalam belajar Pendidikan Agama Islam (PAI), dalam proses pembelajaran siswa cendrung lebih banyak diam, bahkan ada yang tidur pada saat pembelajaran berlangsung, dan dari 35 orang siswa 17 orang (50%) kurang bergairah dalam belajar dan hanya 18 orang (50%) siswa yang tergolong aktif dan mau bertanya kepada guru saat proses pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan strategi pembelajaran Synergetic Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN 001 Kecamatan Siak Kabupaten Siak?. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Sedangkan objek dalam penelitan ini adalah Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Melalui Penerapan strategi pembelajaran Synergetic Teaching. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas V SDN 001 Kecamatan Siak. Adapun waktu penelitian ini bulan Juli sampai dengan September 2011. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran Synergetic Teaching dalam mata pelajaran PAI, karena strategi ini memberikan suatu peran aktif terhadap siswa dalam proses pembelajaran. Strategi ini juga membantu siswa dalam memikirkan informasi yang baru dari apa yang dibacanya. Berdasarkan hasil observasi pada gejala awal motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata persentase klasikal 39,0% terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 51,9 %. Sedangkan peningkatan juga terjadi pada siklus II dengan rata-rata secara klasikal 69,0%, dan pada siklus ketiga motivasi belajar siswa meningkat dengan perolehan persentase 82,9%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:44 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5535 |
Actions (login required)
View Item |