PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENCERITAKAN KISAH ABU LAHAB SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 002 TUALANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

ZALINA, (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENCERITAKAN KISAH ABU LAHAB SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 002 TUALANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013405PAI.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian ini oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan strategi pembelajaran Index card match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Materi Menceritakan Kisah Abu Lahab siswa kelas VI SDN 002 Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak? Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 002 Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 002 Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I, siklus II ke siklus III. Pada data awal berada dikategorikan kurang dengan rata-rata persentase 45.6%. Siklus I berada pada kategori sedang berada pada nilai klasikal 65.6%, sedangkan pada siklus II hasil belajar telah mencapai nilai secara klasikal yaitu 70.6%. Pada siklus III hasil belajar siswa meningkat dengan memperoleh nilai klasikal 90.0 dengan kategori sangat baik. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran PAI dengan penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:44
Last Modified: 08 Sep 2016 04:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5533

Actions (login required)

View Item View Item