KEMAMPUAN GURU FIQIH DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NA’IM SIMPANGKUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

IRWANSYAH, (2012) KEMAMPUAN GURU FIQIH DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NA’IM SIMPANGKUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013325PAI.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang kemampuan guru fiqih dalam hal pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan guru fiqih yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran, serta untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran fiqih di sekolah. Kemampuan guru merupakan, keahlian dan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran sampai kepada pengevaluasian. Dalam hal pengevaluasian, seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami teknik dan prosedur evaluasi, serta mampu melaksanakan evaluasi sehingga didapat hasil evaluasi yang digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar. Pelaksanaan evaluasi tersebut dimulai dari perencanaan evaluasi, pembuatan soal tes, mengolah dan menganalisis hasil tes hingga menginterpretasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas di skripsi ini (Library Research). Adapun yang menjadi tolak ukur kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran adalah skor acuan yang dapat mengkategorikan guru fiqih berkemampuan tinggi, sedang atau rendah. Dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru fiqih di MTs Darun Na’im Simpangkubu Kecamatan Kampar.Sedangkan objeknya adalah kemampuan guru fiqih dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di MTs Darun Na’im Simpangkubu.Dan setelah dilakukan penelitian terhadap dua orang responden di MTs Darun Na’im Simpangkubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, maka dapat disimpulkan bahwa guru fiqih di MTs Darun Na’im Simpangkubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar ini adalah Kurang Baik dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran.dengan persentase 53,7 % dan di dukung oleh observasi dan wawancara. Dan adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran fiqih adalah latar belakang pendidikan guru, pengetahuan guru tentang evaluasi pembelajaran, waktu yang tersedia untuk pelaksanaan evaluasi, kesiapan peserta didik, kesukaran dan kemudahan soal-soal yang diberikan kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:44
Last Modified: 07 Sep 2016 09:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5525

Actions (login required)

View Item View Item