Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Squere Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar

Widya Anggraini,, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Squere Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV(1).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Widya Anggraini, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Squere Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama siswa pada pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Squere di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kerjasama siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 21 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Squere dan kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Squere dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum dilakukan tindakan hasil kemampuan kerjasama siswa hanya mencapai 54,7% atau berada pada kategori cukup. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I, kemampuan kerjasama siswa meningkat menjadi 57,8% atau berada pada kategori cukup. Kemudian pada siklus II, kemampuan kerjasama siswa mengalami peningkatan menjadi 79,7% atau berada pada kategori baik. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan emikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Squere pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Squere, Kemampuan Kerjasama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Aug 2021 06:19
Last Modified: 28 Aug 2021 06:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55242

Actions (login required)

View Item View Item