Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Pembelajaran Cooverative IntegratedReading and Composition untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar.

Husnul Khotimah, - (2021) Penerapan Strategi Pembelajaran Cooverative IntegratedReading and Composition untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)

Abstract

ABSTRAK Husnul Khotimah, (2021): Penerapan Strategi Pembelajaran Cooverative IntegratedReading and Composition untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi cooperative integrated reading and composition di kelas V Sekolah Dasar Negri 005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca intensif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 21 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran cooperative integrated reading and composition dan meningkatkan keterampilan membaca intensif. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dan disetiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi cooperative integrated reading and composition dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa. Hal ini dapat dilihat dari keterampilan membaca intensif siswa siklus I yang hanya mencapai 69.14% yang hanya pada rentang 56-75% dengan kategori Tinggi. Setelah dilakukan tindakan kelas siklus II, keterampilan membaca intensif siswa meningkat menjadi 80.57% yang berada pada rentang 76-100% dengan kategori Sangat Tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca intensif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di SDN 005 Empat Balai dapat ditingkatkan melalaui penerapan strategi cooperative integrated reading andcomposition. Kata Kunci: Strategi Cooperative Integrated Reading and Composition,Keterampilan Membaca Intensif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Aug 2021 05:38
Last Modified: 28 Aug 2021 05:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55241

Actions (login required)

View Item View Item