Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SETELAH JAM ISTIRAHAT KEDUA (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar)

CECEP PUTRA (2012) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SETELAH JAM ISTIRAHAT KEDUA (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013279PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Aktivitas belajar siswa setelah jam istirahat kedua, upaya-upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengembangkan aktivitas belajar siswa, serta hambatan yang dijumpai guru dalam mengembangkan aktivitas belajar setelah jam istirahat kedua. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran PAI dan para siswa yang masuk setelah jam istirahat kedua, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah upaya guru PAI mengembangkan aktivitas belajar siswa masuk setelah jam istirahat kedua. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru PAI yang masuk setelah jam istirahat kedua berjumlah 3 orang, siswa-siswa yang masuk PAI setelah jam istirahat kedua berjumlah 101 orang, kepala sekolah/wakil kepala sekolah 2 orang, kepala bagian kurikulum 1 orang dan guru piket 4 orang, jumlah populasi penelitian ini adalah 111 orang. Sedangkan sampelnya terdiri dari peserta utama, antara lain: Guru PAI yang masuk setelah jam istirahat kedua berjumlah 3 orang guru dan para siswa yang masuk setelah jam istirahat kedua pada mata pelajaran PAI yang telah ditetapkan sebagai subjek berjumlah 50 orang siswa. Peserta tambahan yaitu: Kepala sekolah atau wakil kepala sekolah berjumlah 2 orang, kepala bagian kurikulum 1 orang dan guru piket berjumlah 4 orang maka total sampel berjumlah 60 orang. Penelitian ini menggunakan Purpossive Random Sampling atau pengambilan sampel berdasarkan tujuan tertentu secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, pengamatan tidak terlibat, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan gabungan antara analisis data deskriptif kualitatif dengan porsentase (mix method). Setelah menyajikan dan membahas hasil-hasil penelitian berdasarkan pengolahan dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa masuk mata pelajaran PAI setelah jam istirahat kedua di SMPN 1 Siak Hulu menurut seluruh teknik penelitian yang telah diadakan data menunjukkan 63,3% yang berarti bahwa siswa kurang aktif dalam belajar, upaya yang dilakukan guru PAI mengembangkan aktivitas belajar siswa setelah jam istirahat kedua melalui data hasil observasi yaitu 73,3%, sedangkan data yang diperoleh melalui angket hasilnya yaitu 74,1% yang keduanya menunjukkan bahwa upaya guru masih kurang, kemudian adapun yang menjadi hambatan bagi guru dalam mengembangkan aktivitas belajar PAI setelah jam istirahat kedua antara lain: Siswa sering izin keluar kelas, siswa sering tertidur dan siswa sering berbicara serta main-main dengan temannya di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:42
Last Modified: 07 Sep 2016 09:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5521

Actions (login required)

View Item View Item