MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MEMBACA ALQUR’AN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS IIISDN 007BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

JASNELI, (2012) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MEMBACA ALQUR’AN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS IIISDN 007BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013269PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di Sekolah Dasar negeri 007 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Selama ini minat belajar membaca Alqur’an di Sekolah Dasar Negeri 007 Bangkinang ini masih dikategorikan rendah, hal ini terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung murid masih malas membaca Alqur’an, masih kurang berminat membaca Alqur’an, kurang konsentrasi dalam membaca Alqur’an dan masih kurang menyimak teman dalam membaca Alqur’an.Memperhatikan fenomena tersebut maka penulis tertarik untuk meningkatkan minat belajar membaca Alqur’andalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya pada materi membaca kalimat Alqur’an dengan menggunakan metode drill. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas III Sekolah Dasar Negeri 007 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah murid 15 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar membaca Alqur’an pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam melalui metode drill. Tahap-tahap yang dilewati dalam penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data ialah membahas hasil penelitian yang ada pada tabel-tabel kemudian dihitung berdasarkan frekuensi masing-masing, kemudian hasil hitung tersebut dimasukkan ke dalam rumus : = x 100% Dari hasil penelitian tindakan kelas ini diketahui bahwa pada observasi siklus I minat belajar murid membaca Alqur’an 60% berada dalam kategori sedang, pada observasi siklus II minat belajar murid membaca Alqur’an 74,44% berada dalam kategori sedang, pada observasi III minat belajar murid membaca Alqur’an 91,11% berada dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:42
Last Modified: 07 Sep 2016 09:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5520

Actions (login required)

View Item View Item