Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 3 BANGKINANG BARAT

MARINA SUSANTI (2012) HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 3 BANGKINANG BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013235PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi adalah dorongan dari dalam diri individu untuk melakukan aktivitas-aktivitas guna mencapai suatu tujuan. Sedangkan motivasi belajar adalah suatu dorongan yang timbul dari dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar dan mengarahkan aktifitas siswa untuk belajar sehingga tujuan yang dikehendaki siswa tercapai. Prestasi belajar adalah hasil suatu proses aktivitas belajar yang membawa perubahan tingkah laku pada diri siswa tersebut. Perubahan tersebut meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap, kemudian aspek-aspek tersebut dievaluasikan dan aktualisasikan dalam angka atau skor yang dapat dilihat dalam buku rapor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama negeri (SMPN) 3 Bangkinang Barat. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yang diteliti. Variabel independent yaitu motivasi belajar dan variabel dependent yaitu prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sedangkan objeknya adalah hubungan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 bangkinang barat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner atau angket yang bersifat tertutup dan dokumentasi sekolah. Sedangkan teknik analisis data korelasi antar variabel menggunakan teknik Product moment. Berdasarkan penelitian, penulis memperoleh kesimpulan akhir bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam. Hal itu diketahui dari koefisien korelasi variabel motivasi dengan prestasi belajar PAI sebesar 0.73 lebih besar dari pada taraf signifikan 5% 0.288 dan 1% 0.372. dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Bangkinang Barat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:41
Last Modified: 07 Sep 2016 09:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5516

Actions (login required)

View Item View Item