Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 MUARA FAJAR PEKANBARU

ANDA ESTY EKA WARDANI (2012) HUBUNGAN KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 MUARA FAJAR PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013212PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan ditemukan gejala yang berkaitan dengan kurangnya kreativitas guru agama Islam dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Gejala tersebut dapat dilihat dari cara guru mengajar yang hanya menggunakan metode ceramah dan hafalan, sehingga aktivitas siswa sebagian besar mendengarkan, mencatat dan menghafal. Seharusnya seorang guru agama islam harus lebih kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga aktivitas siswa dalam belajar dapat tercapai secara optimal. Oleh karena itu, penulis ingin mengangkat permasalahan tersebut ke dalam sebuah penelitian yang berjudul : Hubungan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dengan Aktivitas Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Muara Fajar Pekanbaru. Dan untuk memudahkan penulis meneliti masalah di atas maka penulis membuat rumusan masalah yakni apakah ada hubungan yang signifikan mengenai kreativitas guru pendidikan agama Islam dengan aktivitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel x (kreativitas guru) dan variabel y (aktivitas belajar siswa). Untuk mengetahui kedua data itu penulis menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan rumus product moment: = Σ ( Σ )(Σ ) { Σ (Σ ) }{ Σ (Σ ) } Melalui uji SPSS korelasi product moment, hasil analisa data penelitian menunjukkan nilai koefesien korelasi sebesar 0.537 pada taraf signifikan 1% yaitu 0.537>0.361 (5%), >0.463 (1%). Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan kreatifitas guru dengan aktivitas belajar siswa di SMP N 19 Muara Fajar Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:40
Last Modified: 07 Sep 2016 09:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5513

Actions (login required)

View Item View Item