Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN ORANG TUA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR REMAJA DI KELURAHAN BINA WIDYA KOTA PEKANBARU PADA MASA PANDEMI COVID-19

Indri Sefialani, Indri (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR REMAJA DI KELURAHAN BINA WIDYA KOTA PEKANBARU PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya peran orang tua dalam pengembilan keputusan karir remaja, rumusan masalahnya adalah bagaimana peran orang tua terhadap pengambilan keputusan karir remaja di kelurahan Bina Widya Kota Pekanbaru pada masa pandemi Covid-19. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam pengembilan keputusan karir remaja di Kelurahan Bina Widya Kota Pekanbaru pada masa pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orangnya dan pelaku yang dapat diamati. Adapun informan penelitian ini adalah terdiri dari enam orang yaitu diantaranya tiga sebagai orang tua yang memiliki anak remaja yang duduk di bangku sekolah SMA dan tiga sebagai remaja yang akan menentukan keputusan karirnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran orang tua dalam pengambilan keputusan karir remaja pada masa pandemi Covid-19 orang tua menjadi motivator, orang tua menjadi fasilitator, dan orang tua menjadi mediator adalah orang tua sudah mengawasi anak dalam belajarnya, orang tua sudah mengawasi dan membantu anak dalam mengerjakan tugas sekolah, orang tua sudah memberikan dorongan yang baik dalam penetuan keputusan karir anaknya, orang tua memberikan penghargaan kepada anak dalam prestasi belajarnya berupa memberikan hadiah atau pujian, orang tua sudah memenuhi kebutuhan sekolah untuk mencari informasi terkait dengan keputusan karir anak dimasa pandemi Covid-19, orang tua juga sudah mampu menjadi guru dan orang tua saat di rumah, serta orang tua mampu menjadi pendengar yang baik bagi anak-anaknya. Dimasa pandemi Covid-19 ini orang tua harus selalu ekstra mendampingi anaknya dalam proses belajar, karena sistem belajar-mengajar yang dilakukan dari rumah membuat anak kurang efektif dalam mendapatkan ilmu pengetahuan dibidang akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Keputusan Karir, Remaja
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 27 Aug 2021 07:19
Last Modified: 27 Aug 2021 07:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55115

Actions (login required)

View Item View Item