Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 104 Tahun 2020 Tentang Pedoman Perilaku Hidup Baru Masyarakat Produktif Dan Aman Dalam Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Terkait Penggunaan Masker Di Mal Ska Pekanbaru

MUHAMMAD JODI, - (2021) Penerapan Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 104 Tahun 2020 Tentang Pedoman Perilaku Hidup Baru Masyarakat Produktif Dan Aman Dalam Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Terkait Penggunaan Masker Di Mal Ska Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Corona Virus Disease 2019 menjadi Pandemi Internasional. Corona Virus Pandemic yang telah diumumkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia pada 11 Maret 2020. Artinya Negara-Negara di seluruh dunia harus merespon, mencegah, serta menangani Pandemi Virus Corona. Penerapan Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 104 Tahun 2020 Tentang Pedoman Perilaku Hidup Baru Masyarakat Produktif Dan Aman Dalam Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terkait penggunaan masker di Mal SKA Pekanbaru belum terlaksana dengan baik karena kurangnya kesadaran pengunjung Mal untuk menjaga kesehatan. Hal ini terlihat bahwa masih banyak pengunjung yang tidak memakai masker sesuai dengan protokol kesehatan dengan alasan pengap. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Penerapan Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 104 Tahun 2020 Tentang Pedoman Perilaku Hidup Baru Masyarakat Produktif Dan Aman Dalam Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terkait penggunaan masker di Mal SKA Pekanbaru, serta untuk mengetahui pengawasan dan tindakan Pemerintah Kota terhadap pelanggaran atas Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 104 Tahun 2020 Tentang Pedoman Perilaku Hidup Baru Masyarakat Produktif Dan Aman Dalam Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis, yaitu penelitian lapangan yang menggunakan metode pendekatan yuridis empiris yakni melihat sesuatu kenyataan hukum di dalam masyarakat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan penarikan kesimpulan secara induktif. Penerapan Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 104 Tahun 2020 Tentang Pedoman Perilaku Hidup Baru Masyarakat Produktif Dan Aman Dalam Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terkait penggunaan masker di Mal SKA Pekanbaru sudah terlaksana karena Mal SKA Pekanbaru mewajibkan pengunjung untuk menggunakan masker saat berada di Mal, namun aturan tersebut tidak berjalan dengan baik karena kurangnya kesadaran pengunjung Mal untuk menjaga kesehatan. Hal ini terlihat bahwa masih banyak pengunjung yang tidak memakai masker sesuai dengan protokol kesehatan dengan alasan pengap. Pengawasan dan tindakan Pemerintah Kota terhadap pelanggaran atas Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 104 Tahun 2020 Tentang Pedoman Perilaku Hidup Baru Masyarakat Produktif Dan Aman Dalam Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) adalah diantaranya; (i) pemberian teguran bagi yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan; (ii) pemeberian pemberian sanksi berupa denda; dan (iii) pemberian sanksi berupa penutupan tempat usaha untuk sementara waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:06
Last Modified: 27 Aug 2021 02:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55110

Actions (login required)

View Item View Item