Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM FOOD FOR DHUAFA CABANG PEKANBARU STUDI PADA KOMUNITAS SOSIAL DI JALAN SWAKARYA UJUNG KELURAHAN TUAH KARYA KECAMATAN TAMPAN

Imroatus Sholiha, Imroatus (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM FOOD FOR DHUAFA CABANG PEKANBARU STUDI PADA KOMUNITAS SOSIAL DI JALAN SWAKARYA UJUNG KELURAHAN TUAH KARYA KECAMATAN TAMPAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dalam penyaluran bantuan yang ada pada saat ini, banyak dijumpainya penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran, hal ini bisa saja menjadi kesalahan yang dilakukan penyalur bantuan ataupun informan yang salah dalam memberi informasi mengenai orang yang berhak menerima bantuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Program Food for Dhuafa Cabang Pekanbaru yang berada di jalan Swakarya Ujung Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, setelah memperoleh data dari lapangan kemudian disusun secara sistematis, serta selanjutnya menganalisis data dengan cara menggambarkan fakta dan gejala yang ada dilapangan, kemudian data tersebut dianalisis, sehingga dapat dipahami secara jelas kesimpulan akhirnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Food For Dhuafa merupakan program yang memberikan bantuan berupa makanan dan program ini telah terimplementasi dengan cara semestinya, hal ini dibuktikan dengan kenyataan dilapangan yang bisa sama-sama dilihat, bahwa program Food For Dhuafa dalam menentukan penerima bantuan dilakukan secara face to face, sehingga bantuan yang diberikan tepat pada sasarannya, untuk program bantuan pendidikan yakninya memberikan bantuan berupa dana pendidikan, yang diberikan masyarakat yang tidak mampu, begitu juga dengan program pemberian modal dan rumah hunian, yang mana program ini memberikan bantuan modal berupa uang dan untuk rumah hunian yakninya berupa rumah yang didonasikan dari para donatur, walaupun tidak bisa membantu secara keseluruhan rakyat yang ada di Kelurahan tersebut, namun ada beberapa masyarakat yang bisa merasakan manfaat dari program itu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Food for Dhuafa, Komunitas Sosial
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Aug 2021 06:35
Last Modified: 26 Aug 2021 06:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55090

Actions (login required)

View Item View Item