Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Amanda Safriani Hutagalung, - (2021) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (665kB)

Abstract

AMANDA SAFRIANI H (2021) : PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan pengetahuan awal matematika siswa Sekolah Menengah Pertama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Pekanbaru. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, terpilih kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan pendekatan Realistic Mathematics Education, dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anova dua arah (two way anova). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan koneksi matematis siswa dan pengetahuan awal matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang menerapkan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan yang siswa menerapkan model pembelajaran konvensional; 2) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa dengan pengetahuan awal tinggi, sedang rendah; 3) Tidak terdapat interaksi antara penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education dan pengetahuan awal matematika terhadap kemampuan koneksi matematis siswa . Kata kunci: Realistic Mathematics Education, Kemampuan Koneksi Matematis, Pengetahuan Awal Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:52
Last Modified: 26 Aug 2021 02:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55076

Actions (login required)

View Item View Item