Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR

ADE CAKRA (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013179PAI.pdf

Download (708kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Air tiris Kecamatan Kampar setelah mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam materi nama kitab – kitab Allah Swt dengan menggunakan strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here (ETH). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini : “Apakah Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) pada materi nama kitab – kitab Allah Swt dapat meningkatkan hasil belajar Siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Air tiris Kecamatan Kampar.” Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas Vc Sekolah Dasar Negeri 001 Air tiris Kecamatan Kampar yang berjumlah 26 orang, sedangkan objek penelitiannya yaitu Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) dalam peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan hasil tes, tes dilakukan sebelum tindakan dan setelah tindakan. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Air tiris Kecamatan Kampar setelah digunakannya Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher here (ETH) dalam materi nama Kitab – kitab Allah Swt, hal ini dapat dilihat dari hasil tes yaitu : 42,3 % siswa yang tuntas pada Siklus I, 65,4 % Pada Siklus II dan 100% pada Siklus III. Dari perbandingan tersebut maka dengan demikian Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here ( ETH ) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Air tiris Kecamatan Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:40
Last Modified: 07 Sep 2016 09:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5507

Actions (login required)

View Item View Item