Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI JIGSAW LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 BULANG

MU’MINATIN (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI JIGSAW LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 BULANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013175PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di Sekolah Dasar Negeri 008 Bulang terdapat gejala-gejala dan fenomena-fenomena dalam proses belajar mengajar yang menunjukan rendahnya hasil belajar siswa, nilai rata-rata sebagian siswa hanya 5.3 dari kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yaitu 6.5. sulitnya siswa menjawab pertanyaan dengan benar menunjukan bahwa hasil belajar masih tergolong rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut maka diterapkanlah strategi jigsaw learning. Adapun rumusan masalah adalah apakah dengan penerapan strategi jigsaw learning dapat meningkatkan hasil belajar kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Bulang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Sedangkan yang menjadi hipotesis tindakan yaitu dengan penerapan strategi jigsaw learning, maka hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas V Sekolah dasar Negeri 008 Bulang akan meningkat Penelitian ini dilakukan dua siklus dan tiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/ persiapan tindakan, 2) peleksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari data awal ke siklus I, siklus II. Pada data awal hasil belajar siswa tergolong rendah dengan rata-rata persentase 53, terjadi peningkatan pada siklus I 63, dan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 75. Hal ini membuktikan bahwa melalui penerapan strategi jigsaw learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:40
Last Modified: 07 Sep 2016 09:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5505

Actions (login required)

View Item View Item