PENERAPAN STRATEGI TIPE JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI ZAKAT KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 002 SINGKEP KABUPATEN LINGGA

ERNAWATI, (2012) PENERAPAN STRATEGI TIPE JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI ZAKAT KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 002 SINGKEP KABUPATEN LINGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013171PAI.pdf

Download (967kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya pemahaman dan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 002 Singkep Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga. Sehingga diperlukan penelitian tindakan untuk meningkatkan pemahaman sekaligus meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi zakat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 002 Singkep yang berjumlah 22 orang siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan sebanyak 3 siklus, tiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh alam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari hasil post test pada tiap siklus. Pada siklus I presentasi yang diperoleh 81,81%, pada siklus II 100% dan selanjutnya dilanjutkan dengan siklus III untuk memperoleh data yang akurat apakah pembelajaran materi zakat dengan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa sekaligus peninkatan hasil belajar. Dari hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa, hal ini dapat dilihat dari rekapitulasi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:40
Last Modified: 07 Sep 2016 09:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5502

Actions (login required)

View Item View Item