Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT PENDEK DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 LUBUK BAJA KOTA BATAM

AMIR (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT PENDEK DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 LUBUK BAJA KOTA BATAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013169PAI.pdf

Download (902kB) | Preview

Abstract

Upaya yang dilakukan untuk mengatasi mengatasi kesulitan menghafal surah-surah pendek di kelas lima Sekolah Dasar Negeri 007 Lubuk Baja Batam adalah dengan menggunakan metode drill. Kegiatan berupa memberikan tindakan seperti latihan menghafal baik secara individual maupun secara kelompok. Kegiatan dilaksanakan dalam 9 kali pertemuan denga 3 siklus. Kegiatan pra siklus digunakan untuk mengetahui kemampuan awal anak. Hasil pelaksanaan tindakan dengan menggunakan metode drill diperoleh peningkatan yang berarti. Peningkatan terlihat dinyatakan dengan membandingkan nilai rata-rata pra siklus baru mencapai 67.87. Selanjutnya pada siklus I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata menjadi 76.36. Pada siklus II peningkatan nilai rata-rata mencapai 90.30. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode drill terjadi peningkatan penguasaan siswa terhadap materi surat-surat pendek pada pelajaran agama Islam. Dengan demikian dengan metode drill kesulitan menghafal surat-surat pendek anak teratasi. Penerapan Metode drill di kelas lima Sekolah Dasar Negeri 007 Lubuk Baja Batam yaitu dengan cara, pertama guru melakukan evaluasi terhadap ketercapaian KKM siswa. Kedua, kondisi tingkat ketercapaian KKM siswa dalam menghafal surat-surat pendek menjadi dasar untuk melaksanakan tidakan. Ketiga, kegiatan diterapkan dalam rangkaian kegiatan yang disebut siklus. Siklus tersebut dilaksanakan dalam tiga tahap siklus I,II dan III. Dimana pada siklus I siswa belajar dengan cara menghafal secara klasikal dan pada siklus II dan III siswa dalam kelas menghafal dengan cara berkelompok dengan menempatkan siswa yang hafal pada tiap kelompok. Dengan semakin besar prosentase angka keaktifan dinyatakan semakin aktif siswa dalam kegiatan belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:40
Last Modified: 07 Sep 2016 09:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5500

Actions (login required)

View Item View Item