PELAKSANAAN METODE PENUGASAN (RESITASI) DALAM PEMBELAJARAN FIKIH PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL IMAN MUARA LEMBU KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Selwi Zalfi, (2010) PELAKSANAAN METODE PENUGASAN (RESITASI) DALAM PEMBELAJARAN FIKIH PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL IMAN MUARA LEMBU KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011304.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Metode penugasan merupakan sebuah metode mengajar dimana seorang guru memberikan tugas kepada siswa kemudian diminta pertanggungjawabannya. Metode penugasan digunakan agar siswa lebih aktif dalam belajar serta merangsang meningkatkan hasil belajarnya. Metode penugasan bisa dilaksanakan dalam berbagai mata pelajaran diantaranya dalam pembelajaran Fikih. Studi pendahuluan yang penulis lakukan menggunakan metode penugasan masih ada guru yang tidak memberikan petunjuk yang jelas tentang tugas yang diberikan, oleh karena itu penulis tertarik mengadakan penelitian ini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode penugasan (resitasi) dalam pembelajaran Fikih pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darul Iman Muara Lembu Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaannya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pembelajaran fikih. Objeknya adalah pelaksanaan metode penugasan dalam pembelajaran fikih, sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang terkumpul dianalisa dengan teknik deskriptif kualtatif dengan persentase. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa pelaksanaan metode penugasan (resitasi) dalam pembelajaran Fikih pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darul Iman Muara Lembu Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi sudah terlaksana dengan baik, terlihat dari indikator yang terlaksana oleh guru pembelajaran fikih sebesar 88,89% dari seluruh indikator yang ditetapkan, dan didukung oleh angket, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode penugasan dalam pembelajaran fikih adalah : pengalaman akademik guru yang sesuai dengan mata pelajaran yang di ajarkan, pelaksaan metode penugasan yang sesuai dengan langkah-langkahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 06:14
Last Modified: 21 Dec 2015 06:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55

Actions (login required)

View Item View Item