Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 101 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN DI PT. MULTIGUNA LESTARI ABADI KELURAHAN SELENSEN KECAMATAN KEMUNING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

ALDA FITRI ANANDA, - (2021) EFEKTIVITAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 101 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN DI PT. MULTIGUNA LESTARI ABADI KELURAHAN SELENSEN KECAMATAN KEMUNING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV WATERMARK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)

Abstract

ALDA FITRI ANANDA (2021):EFEKTIVITAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 101 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN DI PT. MULTIGUNA LESTARI ABADI KELURAHAN SELENSEN KECAMATAN KEMUNING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR Limbah adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan, sedangkan limbah B3 adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan yang mengandung Bahan Berbahaya dan Beracun. Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahya dan Beracun mengatakan bahwa setiap orang yang menghasilkan Limbah B3 wajib melakukan pengelolaan limbah B3 yang dihasilkannya. Namun di PT. Multiguna Lestari Abadi pengelolaan limbah B3 belum berjalan efektif, bahwa masih terjadi pembuangan limbah B3 kedalam sungai yang mengakibatkan banyaknya ikan mati dan pencemaran lingkungan. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun di PT. Multiguna Lestari Abadi Kelurahan Selensen Kecamatan Kemuning Kabupaten Indargiri Hilir dan apa faktor penghambat dan faktor pendukung efektivitas Peraturan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dan faktor penghambat efektivitas dari peraturan tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis empiris, yaitu penelitian lapangan, yang melihat suatu kenyataan hukum di dalam masyarakat. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan penarikan kesimpulan secara induktif. Hasil penelitian dari efektivitas peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahya dan Beracun di PT. Multiguna Lestari Abadi Kelurahan Selensen Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir belum berjalan dengan efektif, karena Sungai Reteh Kecamatan Kemuning merupakan salah satu sungai yang terkena dampak pembuagan limbah oleh PT. Multiguna Lestari Abadi sehingga mengakibatkan banyaknya ikan-ikan yang mati, gatal-gatal bagi masyarakat yang memanfaatkan air sungai sebagai sumber kehidupan sehari-hari. Adapaun faktor penghambat dan faktor pendukung efektivitas pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun di PT. Multiguna Lestari Abadi Kelurahan Selensen Kecamatan Kemuning Kabupaten Indargiri Hilir diantaranya adalah; (i) kurannya sarana dan prasarana; (ii) kurangnya kesadaran PT. Multiguna Lestrai Abadi; (iii) kurangnya pengawasan oleh dinas terkait terhadap pengelolan limbah bahan bakar berbahaya; (iv) faktor pendukung efektivitas Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun di PT. Multiguna Lestari Abadi Kelurahan Selensen Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir diantaranya; (a) memperketat pengawasan limbah B3; (b) melakukan perbaikan terhadap sarana pemeriksaan pengelolaan limbah B3; (c) pentingnya pengetahuan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Aug 2021 08:27
Last Modified: 19 Aug 2021 08:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54979

Actions (login required)

View Item View Item