Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMPN 02 RUMBIO JAYA

Nur Afiza Nova Lestari, - (2021) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMPN 02 RUMBIO JAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Afiza Nova Lestari (2021) : Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII Smpn 02 Rumbio Jaya Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran IPA di SMPN 02 Rumbio Jaya Kampar model pembelajaran Contextual Teaching and Learning adalah mendorong peserta didik untuk dapat mengembangkan kemampuan berfikir secara penuh, baik fisik maupun mental. pembelajaran melalui Contextual Teaching and Learning diharapkan lebih bermakna bagi peserta didik, dan dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Berpikir kreatif dan inovatif adalah rasa berpikir yang menuntut aplikasi dalam tingkatan aktivitas dan karya. Dengan begitu peserta didik dapat mengaplikasikan kemampuan yang dimilikinya dalam kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang dibelajar mengajarkan dengan menerapkan model pembelajaran CTL pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMPN 02 Rumbio Jaya. Bentuk penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Desain penelitiannya adalah penelitian pre post test. Desain yang digunakan adalah The One Group Pretest Posttest design. Yaitu melibatkan hanya satu kelompok kelas yang diberi perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 02 Rumbio Jaya dengan pemilihan sampel adalah total sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 1 kelas yaitu kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperiment yang mendapatkan penerapan model pembelajaran CTL Pengumpulan data dilakukan dengan test tertulis pretest dan posttest, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test dengan menggunakan software SPSS versi 23.0. Hasil pengolahan data akhir diperoleh Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan berpikir kreatif lebih dapat dijelasnya dapat dilihat dari hasil uji statistik. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa nilai nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi pencemaran lingkungan kelas VII di smpn 02 Rumbio Jaya. Kata Kunci : CTL Kemampuan Berpikir Kreatif, Materi Pencemaran Lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Aug 2021 07:00
Last Modified: 19 Aug 2021 07:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54939

Actions (login required)

View Item View Item