Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENYELESAIAN WANPRESTASI PADA PERJANJIAN KREDIT ANTARA NASABAH DENGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) MAJU BERSAMA DESA PEBAUN HILIR MENURUT PASAL 1243 KITAB UNDANG - UNDANG HUKUM PERDATA

RINA REZKI, - (2021) PENYELESAIAN WANPRESTASI PADA PERJANJIAN KREDIT ANTARA NASABAH DENGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) MAJU BERSAMA DESA PEBAUN HILIR MENURUT PASAL 1243 KITAB UNDANG - UNDANG HUKUM PERDATA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)

Abstract

ABSTRAK RINA REZKI : Penyelesaian Wanprestasi Pada Perjanjian Kredit Antara Nasabah Dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Bersama Desa Pebaun Hilir Menurut Pasal 1243 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Skripsi ini membahas tentang Penyelesaian Wanprestasi pada perjanjian Kredit Antara Nasabah Dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Bersama Desa Pebaun Hilir Menurut Pasal 1243 Kitab Undang-undang Hukum Perdata. Permasalahan yang terjadi karena adanya nasabah yang telah melakukan Wanprestasi dalam membayar pinjaman kredit pada koperasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) maju Bersama Desa Pebaun Hilir. Adapun tujuan dari skripsi ini untuk mengetahui apa saja faktor penyebab terjadinya Wanprestasi Pada Perjanjian Kredit Antara Nasabah Dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Bersama Desa Pebaun Hilir. Serta bagaimana penyelesaian wanprestasi pada perjanjian kredit antara nasabah dengan Badan Usahaa Milik Desa (BUMDes) Maju Bersama Desa Pebaun Hilir Menurut Pasal 1243 Kitab Undang-undang Hukum Perdata. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam skripsi ini ialah Pengamatan (Observation), Wawancara (Interview) dan Studi Kepustakaan. Dari hasil penelitian tentang Penyelesaian Wanprestasi Pada Perjanjian Kredit Antara Nasabah Dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Bersama Desa Pebaun Hilir Menurut Pasal 1243 Kitab Undang-undang Hukum Perdata. Proses penyelesaian apabila debitur Wanprestasi, dari sudut pandang koperasi upaya yang ditempuh oleh BUMDes apabila kredit yang diberikan tersebut mengalami masalah atau tergolong dalam kredit bermasalah,maka dalam hal ini BUMDes perlu melakukan penyelamatan, sehingga tidak menimbulkan kerugian. Penyelamatan yang dilakukan dengan memberikan keringanan jangka waktu atau angsuran terutama bagi kredit yang terkena musibah atau melakukan penyitaan barang jaminan bagi kredit yang sengaja lalai untuk membayar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Aug 2021 01:34
Last Modified: 19 Aug 2021 01:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54931

Actions (login required)

View Item View Item