Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PELAYANAN TERHADAP MASYARAKAT OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KAMPAR BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN KAMPAR NOMOR 8 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Fiqra Asidiqqi, - (2021) PELAKSANAAN PELAYANAN TERHADAP MASYARAKAT OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KAMPAR BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN KAMPAR NOMOR 8 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Fiqra Asidiqqi, (2021) : Pelaksanaan Pelayanan terhadap Masyrakat Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kampar Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kampar Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Administrasi Kependudukan diarahkan untuk memenuhi Hak Asasi Manusia di dalam bidang administarsi kependudukan tampa diskriminasi melalui pelayanan publik yang professional. Di dalam Undang- undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administarsi Kependudukan. Penyelenggaraan Administrasi bertujuan untuk: a) Memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum atas dokumen penduduk untuk setiap peristiwa, kependudukan dan peristiwa penting yang dialami oleh penduduk, b) Memberikan perlindungan hak sipil penduduk, c) Menyediakan data dan informasi kependudukan secara nasional mengenai pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil pada berbagai tingkat secara akurat, muktahir, dan mudah diakses sehingga menjadi acuan bagi perumusan kebijakan dan pembanguna pada umumnya, d) Mewujudkan tertib administrasi kependudukan secara nasional dana terpadu, e) Menyediakan data penduduk yang menjadi rujukan dasar bagi sektor terkait dalam penyelenggaraan setiap kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan. Pengurusan dokumen Kependudukan dilakukan dengan pencatatan biodata penduduk, pencatatan atas pelaporan peristiwan penting kependudukan dan pendaftaran penduduk, serta penerbitan dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tujuan dari penelitian adalah Untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kampar berdasarkan peraturan Daerah Kabupaten Kampar Nomor 8 Tahun 2019 Penyelenggaran Administrasi Kependudukan dan Untuk mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kampar berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kampar Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian hukum yuridis sosiologis, yaitu penelitian hukum yang menggunakan data primer sebagai data awalnya,dalam memperoleeh data penelitian ini adalah Observasi, Wawancara dan Angket. Sifat penlitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan yang sama terhadap masyarakat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kampar berdasarkan peraturan Daerah Kabupaten Kampar Nomor 8 Tahun 2019 Penyelenggaran Administrasi Kependudukan belum maksimal dengan baik. Dikarnankan beberapa faktor Keterbatasan sumber daya manusia, Kurangnya fasilitas tempat duduk atau tempat berteduhnya saat melakukan pelayanan, kendala jaringan dan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat Kata kunci: Pelayanan, Akta Kematian, Surat Pindag Datang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Aug 2021 01:53
Last Modified: 19 Aug 2021 01:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54926

Actions (login required)

View Item View Item